23 Oktober 2012

Babalan, Desa Pesisir Yang Patut Dilirik Keberadaannya

Demak – Desa Babalan kecamatan Wedung kabupaten Demak dulu dikenal sebagai desa pelosok yang jauh dari keramaian , selain akes jalannya yang masih sulit juga kultur masyarakatnya yang masih kental ketradisionalannya. Nilai keagamaan terutama Islam sangat kelihatan , dari banyaknya tempat ibadah dan juga tempat untuk belajar agama islam.
Selain dikenal sebagai desa pesisir yang mengandalkan laut dan tambak sebagai matapencahariannya , juga desa ini dikenal sebagai desa dengan jumlah penduduk yang cukup besar. Sehingga saat ini disetiap tempat dapat dipastikan ada komunitas warga desa Babalan karena mereka banyak bermigrasi mencari daerah penghidupan baru.
Namun setelah puluhan tahun berjalan desa Babalan kini mengalami kemajuan di segala bidang untuk bidang pendidikan dari PAUD, TK, RA, SD, MI , MTs dan MA (Madrasah Aliyah) semua ada. Sehingga warga desa yang ingin melanjutkan pendidikan sampai tingkat Atas tidak perlu keluar desa. Ini cukup membantu bagi warga yang berekonomi kurang mampu.
Di bidang pembangunan sarana prasarana desa Babalan sudah menunjukkan kemajuan selain jalan kampung yang mulai bagus, juga bangunan sekolahnya juga bisa dilihat dalam kondisi baik.  Bangunan tempat ibadah juga tidak kalah bagusnya , karena setiap waktu mendapat perbaikan dari warganya.
 
Masjid Baitul Izzah Babalan Wedung Demak

Sosial masyarakatnya dari dulu sampai sekarang terus berkembang ke arah pemberdayaan , ini terlihat dari suksesnya program pemerintah di desa ini selain PNPM Mandiri , juga program-program lainnya. Ini terlihat dari setiap tahun pasti ada kegiatan pembangunan di desa baik yang bersumber dari ADD, APBD II dan juga dana swadaya.
Sayangnya akses menuju desa Babalan dari dua arah masih perlu ditingkatkan karena kondisinya masih sangat buruk . Dari arah Menco kondisi jalan masih sangat buruk sehingga pengguna kendaraan roda empat masih kesulitan untuk menuju desa ini.Apalagi jika musim hujan tiba jalan sepanjang + 3 kilometer beberapa tempat menjadi kubangan lumpur sehingga menyulitkan kendaraan yang lewat.
  
Salah satu sudut desa Babalan
Begitu juga jalan dari Desa Kedungmutih sepanjang + 2,5 Kilometer menuju desa Babalan juga perlu perbaikan karena masih berujud jalan beton namun belum semuanya. Beberapa ruas masih berujud makadam yang jika musim penghujan tiba akan menimbulkan genangan yang menyulitkan orang melewatinya.
 
Rumah di tengah kali
Padahal desa Babalan menyimpan potensi yang cukup besar untuk dikembangkan . Selain dikenal sebagai desa nelayan desa ini juga potensial tambak ikan dan juga tambak garamnya . Pemandangan di desa ini juga cukup bagus karena masih ada sungai-sungai kecil di sepanjang desa dan juga ada dataran pasir di tengah laut (Tirangan) yang bisa dilihat dan dikunjungi ketika air laut mengalami surut. Sehingga jika musim liburan tiba desa ini menjadi arena memancing yang cukup mengasyikkan. Tidak percaya ? berkunjung aja ke desa Babalan adapun routenya bisa dari Jepara atau Demak.  (FM)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites